AJARKAN MAHASISWA KRITIS, HIMAKOM ADAKAN PELATIHAN ADVOKASI

Guna menanamkan nilai-nilai dasar pelayanan mahasiswa dan kemurahan hati dalam menjalankan tugas dengan baik dan ikhlas, serta memberikan pemahaman dan pengetahuan mendalam berkaitan dengan advokasi dan kesejahteraan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar Pelatihan Advokasi Aktivis Mahasiswa, Selasa (9/4) di Balkon Lab Jurnalistik UNITRI.

Ketua Himakom yang juga sekaligus perwakilan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Malang, Asra Bulla Junga Jara berkesempatan menjadi pemateri dalam kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Unitri dan Perwakilan PPMI dari beberapa Universitas di kota Malang. Menurutnya, mempelajari advokasi sangat penting bagi mahasiswa dewasa ini karena hal tersebut adalah hal pokok utama untuk bekal mahasiswa mengenal masalah.

“Tantangan mahasiswa pasca reformasi sangat banyak seperti komersialisasi pendidikan tinggi, ketidak pedulian mahasiswa dengan sistem kampus, praktik birokrat kampus, larangan diskusi, jam malam, dan masih banyak lainnya.

Mahasiswa harus semakin peduli, Setidaknya minimal dengan belajar advokasi, mahasiswa dapat menumbuhkan kepedulian dengan dekat dan langsung terjun ke masalah sosial yang ada dilapangan, mengasah kepedulian dengan belajar mengenai aturan, dan mempertahankan kepedulian dengan mendokumentasi setiap gerakan yang telah dilakukan meskipun hal tersebut berhasil atau tidak.” Paparnya dihadapan peserta.

Selain itu, Asra menambahkan, dalam merumuskan advokasi kampus, mahasiswa harus siap membekali diri dengan pengetahuan dalam menentukan isu advokasi, membentuk kelompok inti, menyusun perencanaan strategis, dan mengidentifikasi pemangku kepentingan di kampus.

“Kami juga ingin memberikan gambaran kepada mahasiswa bahwa perlu penguatan advokasi dengan riset dan data media serta memahami aturan yang membahayakan.”

Pelatihan advokasi merupakan program kerja Himpunan yang baru kali ini terselenggara. Sejauh ini, mahasiswa konsentrasi Jurnalistik sebenarnya juga telah aktif dalam kegiatan di luar Unitri dengan mengikuti organisasi PPMI hingga Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI). Harapan kedepan, nantinya mahasiswa Unitri tetap akan menyelenggara kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan bidang Ilmu Komunikasi. Advokasi ini diharapkan menjadi bekal pertama mahasiswa untuk dapat kritis berfikir dan memahami masalah yang ada, sehingga dapat dengan bijak menghadapi dan menyelesaikannya. (humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*