ADMIN UNITRI IKUTI PEMILIHAN TENAGA ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEUANGAN BERPRESTASI KOPERTIS WILAYAH VII 2018

Sebagai Universitas yang siap meningkatkan kualitas di bidang Sumber Daya Manusia, untuk pertama kalinya Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) mengirimkan perwakilannya dalam ajang bergengsi bagi administasi keuangan dan akademik bertajuk “Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik dan Pengelola Keuangan Berprestasi bagi Perguruan Tinggi Kopertis Wilayah VII Tahun 2018”. Dua perwakilan admin yang ditunjuk sebagai peserta ialah Endah Agustina, S.Akun dan Agustin Wulandari, S. Sos.,

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kopertis tersebut tahun ini diadakan di Grand Whiz Hotel, Trawas, Mojokerjo, pada 6-8 Maret 2018. Selama dua hari, para admin keuangan dan akademik akan mempresentasikan berbagai inovasi yang ada di dalam pengelolaan keuangan dan akademik. Presentasi yang disampaikan berbentuk makalah dan akan dinilai oleh juri terkait konsistensi inovasi dari masing-masing Universitas.

Endah Agustina, S.Akun yang diberikan tugas untuk mempresentasikan inovasi keuangan di UNITRI memaparkan bahwa, topik presentasi yang Ia sampaikan adalah berkaitan dengan perbaikan sistem keuangan dan bagaimana cara admin menyelesaikan masalah keuangan. “kami menyampaikan materi berkaitan dengan prosedur keuangan yang jelas atau transparan, accountable, dan konsisten dalam mengerjakan sistem. Perbaikan sistem ini penting mengingat itu juga bagian dari inovasi Universitas.” Paparnya terhadap Humas.

Sementara di bidang akademik, Agustin Wulandari, S.Sos banyak menjelaskan permasalahan administrasi akademik seperti HER Registrasi Online, KRS/KHS Online, dan menciptakan penyelesaian masalah akademik dengan kreatif. “Inovasi tersebut untuk menciptakan sesuatu hal yang sekiranya bisa memudahkan kita dalam bidang akademik. Semua dibahas dalam penyelesaian kepengurusan surat, jadwal-jadwal, hingga sistem HER registrasi. Lebih luas lagi termasuk surat menyurat juga.” Tambahnya.

Meski baru pertama kali bergabung dalam kegiatan lomba semacam ini, kedua admin mengaku siap mengikuti kegiatan tersebut. Hal tersebut merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan sangat baru bagi admin UNITRI. “Sebenarnya setiap Universitas punya masalah yang sama. Dalam hal Akademik maupun Keuangan. Tapi bagaimana cara penyelesaiannya yang berbeda membuat hal tersebut menarik. Saya banyak belajar dari para peserta yang lain.” Ujar Agustin Wulandari, S.Sos. Menurutnya UNITRI sebenernya juga tidak kalah berkompeten dibandingkan dengan Universitas lainnya.
Seperti diketahui, pemilihan tenaga administrasi akademik dan pengelola keuangan berprestasi bagi perguruan tinggi tersebut diikuti oleh berbagai Universitas yang tergabung dalam wilayah VII Kopertis seperti Universitas Surabaya, Universitas Petra Surabaya, STKIP PGRI Tulungagung, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, hingga Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Mereka dibagi dalam dua kelompok yakni 27 peserta mengikuti pemilihan tenaga pengelola keuangan, dan 28 peserta lain mengikuti pemilihan tenaga administrasi akademik. UNITRI mendapat giliran maju dalam presentasi di hari pertama tepat pada pukul 21.30 WIB. Acara ini memperebutkan juara 1,2, dan 3 untuk masing-masing kategori pemilihan. Pemenang akan melanjutkan lomba di tingkat Nasional. Acara ini diadakan setiap tahun dan siap menjaring para admin terbaik di setiap Universitas.

“Kami sangat senang dapat memiliki teman baru dari background dan pengalaman yang berbeda tapi mempunyai teman yang sama. Kalau misalnya, dalam pertunjukan tidak megah bila tidak ada lampu sorotnya, maka kami ini ibarat lampu sorot. Kami senang kerja kami mendapatkan apresiasi semacam ini.” Ungkap Endah Agustin, S.Akun. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*