83 MahasiswaTeknik Sipil Lulus Sertifikasi Nasional SKT Tingkat I Bidang Jasa Konstruksi LPJK Indonesia.

MALANG – Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengapresiasi keberhasilan para mahasiswa Program Studi Teknik Sipil angkatan 2017 (semester 7) yang telah berhasil memperoleh Sertifikat Ketrampilan Kerja (SKT) Tingkat I Bidang Jasa Konstruksi. Pencapaian ini menunjukan keberhasilan dalam implementasi proses pembelajaran yang didukung oleh kurikulum Program Studi Teknik Sipil yang telah berorientasi kepada dunia industri sehingga mahasiswa mempunyai kompetensi kerja yang memenuhi standar nasional sesuai dengan ketentuan dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Indonesia

Handika Setya Wijaya, S.Pd., M.T, selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil menyatakan bahwa Sertifikat Keterampilan Kerja ini diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Indonesia pada tanggal 2 Desember 2020 dan berlaku sampai dengan tanggal 1 Desember 2023 dengan jenis ketrampilan kerja dan kualifikasi: a. Pengawas Pekerjaan Jalan dan Jembatan sejumlah 10 sertifikat, b. Pelaksana Bangunan Gedung/ Pekerjaan Gedung sejumlah 19 sertifikat, Pelaksana Pekerjaan Jalan sejumlah 9 sertifikat, d. Pelaksana Pekerjaan Jembatan sejumlah 3 sertifikat, e. Pengawas Bangunan Gedung sejumlah 23 sertifikat, f. Pengawas Lapangan Pekerjaan Jalan sejumlah 19 sertifikat.

Wakil Dekan Fakultas Teknik yaitu Galih Damar Pandulu, S.T., M.T, menyampaikan bahwa mahasiswa semester akhir (Semester 7) Program Studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Tunggadewi memiliki kompetensi dan kemampuan sebagai pelaksana dan pengawasan pekerjaan konstruksi sesuai jenis keterampilan kerja dan kualifikasinya. Adapun kompetensi kerja yang dikuasai seperti sebagai pelaksana pekerjaan konstruksi adalah a. mampu menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K-3) dengan benar selama melakukan pekerjaan, b. mampu mempelajari dan memahami menterjemahkan gambar kerja dan spesifikasi teknis, c. mampu menghitung kuantitas pekerjaan, kebutuhan jenis peralatan, tenaga kerja dan jumlah material yang diperlukan untuk proyek, d. mampu membuat program kerja harian dan mingguan, e. mengadakan bimbingan teknis kepada mitra kerja, f. melaksanakan persiapan pekerjaan, g. mampu melaksanakan dan mengawasi pekerjaan berdasarkan spesifikasi teknis, metode kerja, instruksi kerja dan gambar kerja. h. mampu membuat laporan harian dan mingguan pelaksanaan pekerjaan. Serta kompetensi kerja yang dikuasai oleh pengawas lapangan adalah mampu memeriksa setiap jenis pekerjaan serta memeriksa laporan kemajuan setiap kegiatan.

Dr. Nawir Rasidi, MT selaku Dekan Fakultas Teknik menyampaikan dengan diraihnya sertifikat keterampilan ini maka mahasiswa semester akhir (Semester 7) Program Studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Tunggadewi memiliki kompetensi dan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya Dr. Nawir Rasidi, MT mengucapkan terimakasih atas kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya yang telah memfasilitasi program Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT) Tingkat I Bidang Jasa Konstruksi Tahun 2020 (HUMAS).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*