74 MAHASISWA PRODI NERS UNITRI IKUTI UJIAN OSCE

Malang- Sebanyak 74 orang mahasiswa Program studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengikuti ujian Object Structured Clinical Examination (OSCE), Rabu (27/01). Kegiatan ini bertujuan dalam rangka standarisasi kemampuan mahasiswa karena saat ini mahasiswa tidak bisa mengimplementasikan secara langsung kepada pasien di rumah sakit.

Hal tersebut dipertegas melalui pernyataan yang disampaikan oleh Kepala program studi Ners, Rachmat Chusnul Choeron, Ns., M.Kep.

“Jadi harus ada kegiatan yang bisa dijadikan parameter untuk standarisasi skill, seperti kegiatan ujian OSCE, sehingga mahasiswa diharapkan bisa menggambarkan atau mendeskripsikan standar dari kemampuan mereka terkait dengan skill lab yang dimiliki ” ungkapnya.

Ujian OSCE tersebut dilakukan selama 3 hari, sejak tanggal 27-29 januari 2021. Adapun teknis pelaksanaanya dibagi menjadi 4 sesi setiap harinya. Dengan aturan, dalam 1 sesi hanya ada 7 orang mahasiswa dengan waktu 7 menit melakukan ujian tersebut. Totalnya 49 menit dan dan selama pergantian itu juga diberikan jeda waktu agar tidak terjadi kerumunan. Namun, sesuai dengan protokol Kesehatan, sebelum masuk, mahasiswa harus mengganti masker, mencuci tangan dan memakai handsanitizer yang telah disediakan di setiap pos ujian.

Rachmat juga berharap agar mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan dengan sebaik mungkin yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan sehingga meskipun kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring namun mahasiswa tetap dapat meningkatkan kualitasnya melalui kegiatan ujian OSCE ini. (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*