3 DOSEN UNITRI TERIMA DANA HIBAH BUKU AJAR DARI RISTEKDIKTI


Tiga dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berhasil memperoleh dana hibah Buku ajar dan berhasil menerbitkan buku berjudul Jamu Tradisional Ditinjau dari Aspek Ekonomi dan Kesehatan pada September 2019. Buku karangan Zainol Arifin, SP., MP, Ronasari Mahaji Putri, M.Kes., serta Ninin Khoirunnisa, SP., MP ini merupakan hasil elaborasi dari hasil iptek penelitian dosen ke buku ajar yang sekarang dimaknai sebagai buku monograf. Buku ini diharapkan dapat membantu memberikan referensi tambahan bagi mahasiswa fakultas pertanian dalam mata kuliah pilihan maupun yang berminat mengembangkan wirausaha jamu tradisional ataupun para pengusaha di bidang pertanian yang berkecimpung di bidang Agroindustri.

Zainol Arifin, SP., MP saat ditemui menjelaskan, awal mula diterimanya dana hibah buku. Menurutnya, mendapatkan dana hibah buku merupakan pencapaian yang maksimal yang dapat dilakukan mengingat tidak semua proposal dapat disetujui dengan cepat. Karena perlu proses yang panjang agar dapat memenuhi persyaratan sebagai penerima dana hibah buku ajar.

“Ketentuannya cukup berat dari harus benar-benar dosen yang memiliki NIDN, memiliki Pangkat, serta masih banyak lainnya. selain itu, kami juga harus terus berkonsultasi selama menulis draf sampai akhirnya buku tersebut layak diterbitkan.”

Teknik penulisan yang digunakan ialah teknik gaya selingkung. Melalui proses menulis draf yang panjang, tim Unitri didampingi oleh tim dari Ristekdikti melakukan pengecekan dan diskusi secara online maupun offline terkait bahan buku ajar. Zainol menambahkan, pemilihan tema Jamu tradisional sengaja diambil mengingat selama ini kondisi masyarakat sekitar banyak menggunakan obat kimia dibandingkan dengan jamu herbal. Padahal jamu herbal memiliki khasiat rempah yang telah teruji sejak jaman nenek moyang. Selain itu, jamu juga sangat murah di konsumsi dibandingkan dengan obat kimia.

Beruntung, setelah dua bulan proses revisi dan konsultasi, buku bersampul hijau putih tersebut telah dapat dinikmati dan dibaca. Resmi dicetak sebanyak 10 buku pada bulan September 2019, buku ini diterbitkan oleh CV IRDH dengan ISBN: 978-623-7343-10-3. Buku ini memiliki tebal sebanyak 334 halaman dengan sisi 25cm x 17,6 cm. Buku ini dapat dipesan langsung ke penerbit secara mandiri oleh dosen maupun mahasiswa yang berminat memilikinya.

Zainol berharap, lewat buku ini, ilmu pengetahuan terkait jamu tradisional dapat lebih bermanfaat bagi sekitar. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi buku pendamping bagi mata kuliah pilihan di program studi Fakultas Pertanian. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*