23 SMA/SMK SE-INDONESIA IKUTI WEBINAR FAKULTAS TEKNIK UNITRI

Malang- lulusan dari 23 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Webinar Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Sabtu (18/07). Dengan mengambil tema ‘Kupas Tuntas Memilih Fakultas Teknik UNITRI’, webinar yang diperuntukkan bagi para lulusan SMA/SMK yang bingung mau berkuliah di masa pandemic Covid-19 tersebut bertujuan untuk mengkolaborasikan sekaligus memperkuat tali persaudaraan antara calon mahasiswa baru dan program studi (prodi), alumni, hingga stakeholder.

Wakil Dekan Fakultas Teknik UNITRI, Galih Damar Pandulu, ST, MT menjelaskan, Adapun kegiatan webinar diikuti oleh lulusan dari 23 SMA/SMK se-Indonesia, serta para alumni fakultas Teknik UNITRI, dosen dan steakholders

“Adapun peserta pada kegiatan ini berasal dari SMA 1 Tasifeto Barat Belu NTT, SMA Halmahera Timur, SMA 2 Ende, D3 Farmasi Malang, SMA Muhammadiyah Boleng Manggarai NTT, SMKN Larantuka, SMA Kristen Atambua, SMA 1 Kedungadem Lamongan, SMA N Alkani Malaka NTT, SMK ST Thomas Aquinas Tambolaka NTT, SMA Sabilillah Sampang Madura, SMA N 1 Nubatukan Lewoleba NTT, SMAN 1 Bajawa NTT, SMA ILE BOLENG Flores Timur, MAN Kedang Lembata NTT, SMKN 1 Soe NTT, SMAN Harekae Malaka, SMAN 1 Wamena Sumba Barat Daya, SMA Kristen Waikabubak NTT, SMKN 1 Sitang Kalbar, SMK 17 Agustus Malaka, SMA N 5 Borong NTT, hingga SMK N Maumere NTT.”

Sementara adapun narasumber yang dihadirkan dalam webinar diantaranya Dr Nawir Rasidi, ST., MT (Dekan Fakultas Teknik UNITRI), Galih Damar Pandulu, ST., MT (Wakil Dekan Fakultas Teknik UNITRI), Handika Setya Wijaya, S.Pd., MT (Kepala Program Studi Teknik Sipil UNITRI), Sinar Perbawani Abrina Anggraini, ST., MT (Kepala Program Studi Teknik Kimia UNITRI), dan Wahyu Widodo, M.Pd (Ketua Unit Penerimaan Mahasiswa Baru serta para perwakilan alumni FT UNITRI dan perwakilan steakholders. Masing-masing pemateri memberikan penjelasan terkait kurikulum dan aplikasinya serta penjelasan terkait aktifitas mahasiswa di perkuliahan maupun organisasi serta dunia kerja.

“Selain menjelaskan terkait perkuliahan, kami juga menjelaskan aktifitas mahasiswa dalam membuat produk di masing-masing program studi. Kami juga mengundang alumni dan stakeholder yang menjelaskan terkait pembelajaran untuk masuk ke industry untuk magang, testimoni mahasiswa yang aktif di organisasi yang juga berhasil berkolaborasi dengan mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia.”

Galih Damar Pandulu, ST, MT mengatakan dengan adanya webinar tersebut, calon mahasiswa baru terlihat sangat antusias sehingga cukup kritis mengajukan pertanyaan demi pertanyaan. Topik UNITRI menghadapi revolusi industry 4.0 dan society 5.0 serta terkait kurikulum menjadi pertanyaan favorit yang ditanyakan dalam forum.

“Selama ini, kita di fakultas berusaha menyiapkan kurikulum yang terbaik yang bisa digunakan dalam menghadapi revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Selain itu, secara output lulusan, lulusan kita juga telah diterima di industri di berbagai perusahaan. Melalui webinar ini. Kami berupaya mempromosikan fakultas kepada maba sehingga harapannya Maba akan lebih mengenal prodi bukan hanya SDM nya maupun infrastrukturnya tetapi juga alumninya sehingga mereka lebih yakin untuk kuliah di UNITRI.”

Kegiatan webinar ini menjangkau peserta yang berasal dari berbagai daerah. Dengan bekerjasama bersama Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (UPMB) UNITRI, kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan dapat dilihat pula melalui youtube. Sebelumnya, fakultas telah mengumpulkan sebagian peserta dari berbagai sekolah di grup whatsapp yang kemudian dihubungkan dengan pihak UPMB Unitri dan Alumni. Galih berharap, dengan adanya kegiatan ini, fakultas dapat lebih memantapkan calon maba sehingga nantinya akan ada rencana lanjutan yang disiapkan terutama di bidang pembelajaran sehingga bisa lebih maksimal.

Sementara, Ketua Unit Penerimaan Mahasiswa Baru UNITRI, Wahyu Widodo, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih atas kolaborasi tim dengan bagian UPMB Unitri. Ia berharap, kegiatan ini dapat terus memperkuat tali persaudaraan antara calon mahasiswa baru – prodi – dan alumni.

“Terima kasih atas kolaborasi tim Pemaba Fakultas Teknik dengan UPMB Unitri. Acara ini telah berhasil memperkuat pertalian antara calon mahasiswa baru, prodi, dan alumni.” Tutup beliau (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*