18 PROPOSAL LOLOS DANA HIBAH PENELITIAN UNITRI TAHUN 2021

Malang- Sebanyak 18 proposal berhasil lolos sebagai pemenang hibah penelitian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Sumber Dana UNITRI tahun pelaksanaan 2021. Berdasarkan surat keputusan Rektor nomor 18/TB.KP-510/IV/2021, masing-masing program studi berhasil mendapatkan satu proposal yang didanai, sehingga artinya 18 proposal berhasil masuk dalam daftar pemenang.

Hibah merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun oleh UNITRI yang bertujuan untuk membantu kegiatan penelitian dari dosen UNITRI guna keperluan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berbeda dari tahun sebelumnya, bila tahun sebelumnya dana hibah diperuntukkan bagi dosen yang belum memiliki kepangkatan, maka tahun ini dana dialihkan dengan tujuan untuk membantu setiap program studi dalam menyiapkan akreditasinya.

Hal tersebut berdasarkan hasil penuturan Kepala Bagian Pengelolaan Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Ir. Sri Handayani, MP.

“Kalau tahun sebelumnya itu murni untuk kompetisi masing-masing dosen. Jadi setiap Fakultas bisa dua hingga tiga dosen mengikuti itu dan juga diutamakan bagi dosen yang belum punya kepangkatan.” ungkapnya

Menurutnya, terkait kepangkatan, untuk tahun ini, ada pembatasan yang dilakukan dari pihak LPPM. Hal ini mengingat, dosen UNITRI yang telah mengurus kepangkatan sudah mencapai 90% sehingga akhirnya dana dialihkan untuk keperluan akreditasi.

Sementara itu, proses untuk mendapatkan Hibah yakni dari pihak LPPM mengajukan ke UNITRI untuk pendanaan, kemudian dosen mengirimkan proposal dan dilakukan review. Setiap Prodi mendapatkan dana untuk satu proposal termasuk sekolah Pasca Sarjana. Dan terakhir ada monev secara internal sekaligus seminar yang akan dihadiri oleh seluruh dosen. Untuk pemenang Hibah akan mendapatkan kontrak yang ditanda tangani dari dua belah pihak peneliti dan UNITRI sebagai legalitas untuk mendapatkan dana.

Saat ditanya tentang rencana lanjutan setelah mendapatkan dana hibah tersebut, Handa mengatakan bahwa akan ada penelitian lanjutan dari pembuatan proposal dan akan didampingi sampai selesai.

“rencana lanjutan para pembuat proposal itu harus ada roadmap atau penelitian berkelanjutan, misalkan hari ini saya mau satu topik tapi tahun ini saya kerjakan yang ini dulu, tahun kedua ini dan seterusnya. Itu nanti akan tetap kita dampingi sampai mereka selesai” imbuhnya.

Ia pun berharap para pemenang bisa melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan luaran yang dijanjikan harus dipenuhi paling tidak dalam sinta 4 dan terakreditasi. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*